Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

BACAAN DALAM SHALAT FARDLU LIMA WAKTU

Niat-niat dalam shalat fardlu lima waktu

بسم الله الحمن الرحيـــم

اُصَلِّيْ فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَآءً لِلَّهِ تَعَالَى
Usholli Fardlosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melakukan shalat fardu subuh 2 rakaat, dengan menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الظُّهْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَآءً لِلَّهِ تَعَالَى
Usholli fardlodz dzuhri arba’a roka’aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melakukan shalat fardu dzuhur 4 rakaat, dengan menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْعَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَتَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَآءً لِلَّهِ تَعَالَى
Usholli fardlol ‘ashri arba’a raka’aatim  mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melakukan shalat fardu ‘ashar  4 rakaat, dengan  menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلَاثَ رَكَعَتَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَآءً لِلَّهِ تَعَالَى
Usholli fardlol maghribi tsalaatsa roka’aatim mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melakukan shalat fardu maghrib 3rakaat, dengan menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.


اُصَلِّيْ فَرْضَ الْعِشَآءِ أَرْبَعَ رَكَعَتَاتٍ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَآءً لِلَّهِ تَعَالَى
Usholli fardol ‘isyaa’i arba’a roka’aatim  mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala.
Aku niat melakukan shalat fardu ‘isya’ 4 rakaat, dengan  menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala.

kemudian dianjurkan membaca doa Istitah:
Kemudian, dianjurkan takbir , lalu membaca doa iftitah:

اَللهُ أَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ للهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَ أَصِيْلًا، إِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ المُشْرِكِيْن . إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْن، لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ المُسْلِمِيًن.

Allaahu akbar, kabiirau walhamdu  lillaahi katsiiraa, wa subhanallaahi bukrotaw wa ashiilaa, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wa maa ana minal musyrikiin, inna shalaati wa nusukia wa mahyaaya wa mamaati lillaahi rabbil ‘aalamiin laa syariika lahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-banyak pujian. Dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semata hanya untuk Allah Tuhan Semua Alam, tiada sekutu bagi-Nya. Dan begitulah aku diperintahkan dan aku dari golongan orang muslim.

 

Setelah membaca doa iftitah, dianjurkan membaca ta’awudz sebelum membaca Surah Al Fatihah, baca:

Kemudian, wajib membaca Surah Al Fatihah, kemudian dianjurkan supaya membaca Surah-surah pendek= Silahkan lihat pada mushaf.

Kemudian dianjurkan supaya membaca takbir,  ketika akan ruku’. Setelah sampai pada posisi ruku’, wajib thuma’ninah dan dianjurkan membaca tasbih sebanyak tiga kali;

 

سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ
Subhaana rabbiyal 'azhiimi wabihamdih
Maha Suci Tuhan Yang Maha Besar lagi Maha Terpuji.

Bagun dari ruku’ (I’tidal), dianjurkan supaya membaca:
سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَه رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ مِلْأُ السَّمَوَاتِ وَمِلْأُ الْأَرْضِ وَمِلْأُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْئٍ بَعْدُ.
Sami'allaahu liman hamidah, rabbanaa walakal hamdu, mil’us samaawaati wamil’ul ardli wamil’u maa syi’ta min sya’in ba’du.
Allah mendengar akan sesiapa yang memuji-Nya. Hai Tuhan kami, kepada Engkaulah segala pujian apa yang memenuhi langit dan bumi, serta memenuhi apa yang Engkau kehendaki setelahnya.

Dianjurkan membaca ta’bir, ketika akan sujud, lalu sampai pada posisi sujud, wajib thuma’ninah, dan dianjurkan supaya membaca tasbih;
رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرِنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ.
Rabbigh fir lii warhamnii waj burnii war fa’nii wahdi nii war zuq nii wah din nii.
Ya Alloh, ampunlah aku, rahmatilah aku, cukupkanlah aku, angkatlah derajatku, berikanlah rizqi kepadaku, dan tunjukkanlah hidayah kepadaku.

Kemudian sujud yang ke-dua, sebagaimana keterangan sujud diatas. Lalu dianjurkan duduk istirahat, sebelum kembali berdiri pada rakaat ke-dua, demikian seterusnya kemudian pada raka’at ke-dua, duduk istirahat dianjurkan membaca tasyahud awal, bacaan tasyahud awal, adalah sbb:

اَلتَّحِيَّاتُ لِلّٰهِ، وَالصَّلَوَاتُ وَالطَّيِّباتُ، اَلسَّلامُ عَلَيْكَ أَيُّهَاالنَّبيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاتُهُ، اَلسَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلٰى عِبَادِاللَّهِ الصَّالِحيْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ.
Attahiyyatu lillah, wash shalawatu wath tath-thayyibaat, assalaamu ‘alaika ayyuhan nabiyyu warahmatul laahi wa barakaatuh, assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadil laahish shalihiin, asyhadu an laa ilaaha illal laah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluh.
Penghormatan, keberkahan, kesejahteraan, dan kebaikan bagi Alloh. Semoga keselamatan untukmu wahai Nabi dan juga rahmat Alloh dan keberkahanNya. Semoga keselamatan untuk kita dan hamba-hamba Alloh yang shaleh, aku bersaksi tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Alloh, dan aku bersaksi sungguh Nabi Muhammad adalah utusan Alloh.

Kemudian pada tasyhud akhir wajib ditambahkan bacaan shalawat nabi, boleh dengan shalat sebagaimana yang dikehendaki, akan tetapi dianjurkan dengan shalawat ibrahimiyah, pelafalannya sbb:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ النَّبِيِّ اْلأُمِّيِّ وَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ وَأَزْوَاجِهِ وَذُرِّيَّتِهِ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى إِبْرَاهِيْمَ وَعلٰى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، وَبارِكْ عَلٰى مُحَمَّدٍ النَّبِيّ الأُمِّيِّ وَعَلٰى آلِ مُحَمَّدٍ وَأزْوَاجِهِ وَذُرّيَّتِهِ، كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، فِي العَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيْدٌ.
Allaahumma shalli ‘alaa muhammadin ‘abdika wa rasuulikan nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aali muhammadiw wa azwaajihi wa dzurriyatih, kamaa shallayta ‘alaa ibraahiima wa ‘alaa aali ibraahiim, wa baarik ‘alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aali wa ‘alaa aali muhammadiw wa azwaajihi wa dzurriyyaatih, kamaa baarakta ‘alaa ibraahiima wa ‘alaa aali ibraahiima fil ‘aalamiina innaka hamiidum majiid.
Ya Alloh, semoga kesejahteraan untuk Nabi Muhammad, yaitu hambaMu dan utusanMu, Nabi yang (ummi) tidak bisa baca-tulis, dan untuk keluarga Nabi Muhammad, istri-istrinya dan para dzuriyahnya. Sebagimana kesejahteraan yang telah Engkau limpahkan untuk Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Semoga keberkahan untuk Nabi Muhammad, Nabi yang (ummi) tidak bias baca-tulis, dan untuk keluarga Nabi Muhammad, istri-istrinya, dan para dzuruyahnya, sebagaimana keberkahan yang Engkau limpahkan untuk Nabi Ibrahim, dan keluarga Nabi Ibrahim, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Mulia seru sekalian alam.

Kemudian keluar dari shalat dengan salam dan memalingkan wajah ke-arah kanan, sedangkan salam yang ke-dua, hukumnya sunah dan dengan memalingkan wajah ke-arah kiri, adapun bacaan salam adalah sbb:

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ.
Assalaamu ‘alaikum wa rahmatullaah.
Semoga keselamatan untuk kalian, dan juga rahmat Alloh Swt.




0 komentar:

Posting Komentar

BACAAN DALAM SHALAT FARDLU LIMA WAKTU